MAIN MENU
  HOME
  Articles
  News & Info
  Teachings
  Questions & Answers
  Prophetic Mission
  Mission in Pictures
  Prayer Statement
  Book of Worship
  Bulletins
  About CPM
  Contact CPM
  HOME PRAYER STATEMENT JEALOUS OF THE CHRIST OR PASSION OF THE CHRIST?


TUHAN YANG CEMBURU ATAU ROH CEMBURU? (Jealous of The Christ ?)
Di dalam Alkitab kita dapat melihat begitu banyak ayat-ayat Firman Tuhan yang menyatakan sifat cemburu diri-Nya. Yahwe Adonai adalah Tuhan yang cemburu bahkan nama-Nya Cemburuan. Dalam kekudusan-Nya terdapat sifat cemburu yang begitu besar. Dia cemburu bila Israel menyembah ilah-ilah yang lain, Dia cemburu hingga murka dan menghukum Israel ketika mereka berpaling dan tidak setia kepada-Nya. Mari kita simak ayat-ayat tersebut :

Mazmur 78:58 "mereka menyakiti hati-Nya dengan bukit-bukit pengorbanan mereka, membuat Dia cemburu dengan patung-patung mereka."

1 Korintus 10:22 "Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan? Apakah kita lebih kuat dari pada Dia?"

Yehezkiel 39:25 "Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan Yahwe: Sekarang, Aku akan memulihkan keadaan Yakub dan akan menyayangi seluruh kaum Israel dan cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus."

Ulangan 6:15 "sebab TUHAN, Elohimmu, adalah Elohim yang cemburu di tengah-tengahmu, supaya jangan bangkit murka TUHAN, Elohimmu, terhadap engkau, sehingga Ia memunahkan engkau dari muka bumi."

Keluaran 34:14 "Sebab janganlah engkau sujud menyembah kepada tuhan lain, karena TUHAN, yang nama-Nya Cemburuan, adalah Elohim yang cemburu."

Dengan begitu banyak firman Tuhan yang menyatakan keberadaan-Nya adalah Tuhan yang cemburu, rasanya sulit untuk kita tidak merasa takut terhadap Dia. Mengerikan sekali bila berhadapan dengan Tuhan yang sangat cemburuan dan siap menghukum dengan murka-Nya. Tidakkah saudara akan merasa sangat terkekang bila dicintai seseorang yang sangat cemburuan, selalu mengawasi dan tidak percaya kepada siapapun yang ada disekitar anda? Yang siap untuk menghukum anda dengan murka-Nya yang menyala-nyala bila Ia mendapati anda memilih untuk mengasihi yang lain lebih dari Dia?

Dan yang lebih mengerikan adalah ketika dalam firman Alkitab, kita menemukan ayat-ayat berikut ini:

Bilangan 5:14 "dan apabila kemudian roh cemburu menguasai suami itu, sehingga ia menjadi cemburu terhadap isterinya, dan perempuan itu memang telah mencemarkan dirinya, atau apabila roh cemburu menguasai suami itu, sehingga ia menjadi cemburu terhadap isterinya, walaupun perempuan itu tidak mencemarkan dirinya."

Yehezkiel 8:3-5 "3 Dia mengulurkan sesuatu yang berbentuk tangan dan dipegang-Nya jambul kepalaku. Lalu Roh itu mengangkat aku ke antara langit dan bumi dan membawa aku dalam penglihatan-penglihatan ilahi ke Yerusalem dekat pintu gerbang pelataran dalam yang menghadap ke utara, di mana terdapat berhala cemburuan, yang menimbulkan cemburu itu. 4 Lihat, di sana tampak kemuliaan Elohim Israel, seperti penglihatan yang kulihat di lembah itu. 5 Firman-Nya kepadaku: "Hai anak manusia, lihatlah ke utara!" Aku melihat ke utara, sungguh, di sebelah utara gerbang mezbah, dekat jalan masuk, terdapat berhala cemburuan tadi."

Adanya roh cemburu yang merupakan suatu penyembahan berhala. Penyembahan berhala terhadap roh cemburu ini berlokasi di sebelah utara dari bait Tuhan, di sebelah utara gerbang mezbah dalam penglihatan nabi Yehezkiel. Dan roh cemburu ini dapat merasuki dan menguasai seseorang sehingga menjadi cemburu. Akan menjadi aneh bila Tuhan menyatakan diri-Nya adalah Tuhan yang cemburuan sekaligus Ia sendiri menyingkapkan kepada Yehezkiel adanya berhala cemburuan. Apakah Tuhan kita berhala cemburu itu? Apakah Tuhan tidak menjadi munafik bila Ia cemburu kepada Israel sekaligus Ia menyatakan adanya roh berhala yang bernama roh cemburu ?

Apakah Tuhan kita Yahwe Adonai Elohim Yeshua Hamasiah adalah Tuhan yang CEMBURU? Yang murka karena cemburu-Nya lalu membunuh sekian ratus bahkan ribuan orang Israel? Apakah sikap cemburu-Nya terhadap umat Israel seperti api yang menghanguskan dapat dibenarkan ??? ( Yehezkiel 38:19 "dalam cemburu-Ku dan dalam api kemurkaan-Ku Aku akan berfirman: Pada hari itu pasti terjadi gempa bumi yang dahsyat di tanah Israel"). Cemburu sehingga Ia menjadi pendendam dan pembalas yang penuh murka seperti tertulis dalam Nahum 1:2 "TUHAN itu Elohim yang cemburu dan pembalas, TUHAN itu pembalas dan penuh kehangatan amarah. TUHAN itu pembalas kepada para lawan-Nya dan pendendam kepada para musuh-Nya."

Kalau Tuhan cemburu karena hati kita berpaling kepada yang lain dan akibatnya adalah murka-Nya menimpa kita (tiba-tiba tanah terbuka, jatuhlah kita kedalamnya sesudah itu tanahnya menutup kembali), tentu sangat mengerikan. Namun kalau saja Tuhan cemburu bila kita sebagai milik-Nya, sehingga ketika kita sebagai milik-Nya disakiti orang lain dan Ia langsung membalas dengan murka-Nya dan hanguslah orang itu oleh petir atau api yang turun dari langit dalam sekejap. Apakah tidak akan menjadi begitu indah dan senangnya hati kita bila Tuhan membela kita seperti itu setiap saat ??? (ayolah… jujur saja pasti anda senang jugakan). Tetapi Yeshua Hamasiah tidak memperlakukan kita demikian bukan. Jadi apakah Tuhan adalah Tuhan yang cemburu ?



next:   Cemburu.  >>







  ARTICLE CONTENT:
1. Melihat film Passion of The     Christ.
2. Tuhan yang Cemburu atau roh     cemburu?
3. Cemburu.
4. Tuhan yang Penuh Hasrat Belas     Kasih.
5. Qanna or Zeal and Ardour.
6. Renungkan dan doakanlah.

      

  BULLETINS


 
Home | Articles & Readings | News & Events | Teachings | Q&A | Prophetic Mission
Mission In Picture | Prayer | Worship |Bulletins |Resources | About Us | Contact Us
Copyrights © 2008 Cherubims Prophetic Ministry. All Rights Reserved.