MAIN MENU
  HOME
  Articles
  News & Info
  Teachings
  Questions & Answers
  Prophetic Mission
  Mission in Pictures
  Prayer Statement
  Book of Worship
  Bulletins
  About CPM
  Contact CPM
  HOME PRAYER STATEMENT JEALOUS OF THE CHRIST OR PASSION OF THE CHRIST?


TUHAN YANG PENUH HASRAT BELAS KASIH
( Passion or Compassion of The Christ )

Jikalau cemburu dan iri hati bukanlah karakter Tuhan maka bagaimana kita menjawab semua pernyataan dan pertanyaan diatas? Bahkan dengan ayat-ayat berikut ini secara jelas menyatakan cemburu atau iri hati adalah perbuatan KEGELAPAN, bukan perbuatan Roh Kudus dan tidak mendapat bagian dalam Kerajaan Elohim :

Roma 13:12-13 12 Hari sudah jauh malam, telah hampir siang. Sebab itu marilah kita menanggalkan perbuatan-perbuatan kegelapan dan mengenakan perlengkapan senjata terang! 13 Marilah kita hidup dengan sopan, seperti pada siang hari, jangan dalam pesta pora dan kemabukan, jangan dalam percabulan dan hawa nafsu, jangan dalam perselisihan dan iri hati (iri hati versi KJV jealous = cemburu).

1Korintus 13:4 Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong.

Gal 5:19-21 19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu, 20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati (versi ISV cemburu) , amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, 21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu--seperti yang telah kubuat dahulu--bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Elohim.

Ketika kita membaca Yehezkiel 39:25 "Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan YAHWE: Sekarang, Aku akan memulihkan keadaan Yakub dan akan menyayangi seluruh kaum Israel dan cemburu-Ku timbul untuk mempertahankan nama-Ku yang kudus."

Perkataan cemburu dalam bahasa Ibrani adalah qanna? (Strong's Dictionary H7067), sebuah kata sifat yang menerangkan sesuatu. Perkataan "qanna" seharusnya ditujukan hanya untuk kepada Tuhan. Bukan ditujukan kepada manusia. Perkataan "Qanna" tidak untuk menjelaskan perasaan cemburu atau iri hati manusia. Seperti perkataan "haleluya" dan "amen" yang tidak seharusnya diterjemahkan oleh perkataan manusia yang terbatas.

Bahkan dalam faktanya, bahasa Yunani sering kali menerjemahkan kata "qanna" ini sebagai "zelos" yang akhirnya dalam bahasa Inggris diterjemahkan "zealous" dan akhirnya menjadi "jealous". Kata "zelos" seharusnya lebih merujuk kepada kata "zeal" dan "ardour" yang artinya bersemangat, berhasrat, antusias dan keinginan yang begitu kuat, sangat mengasihi (love very much) atau sangat menyukai (like very much).

Sedangkan cemburu atau iri hati adalah emosi jiwa yang mucul ketika seseorang kekurangan akan kualitas yang lebih baik dibanding orang lain, kurang penghargaan atau tidak berhasil memiliki atau mencapai sesuatu dan ia menginginkan semua itu atau berharap orang lain kekurangan semua itu. (Definisi cemburu, iri hati menurut ensiklopedia : Envy is an emotion that "occurs when a person lacks another's superior quality, achievement, or possession and either desires it or wishes that the other lacked it").

Ketika kita mengerti makna sebenarnya dari kata "qanna" maka setiap perkataan "cemburu" Yahwe Adonai Elohim Yeshua Hamasiah seharusnya tetap dinyatakan "qanna" atau hanya mendekati "zeal" atau "ardour". Bahwa Tuhan adalah Tuhan yang sangat antusias, bersemangat (passion) dalam mengasihi, belas kasihan (compassion) dan menyukai kita. Bukankah karena begitu besar kasih (qanna atau zeal atau ardour) Elohim sehingga Ia mengutus anakNya yang tunggal ? Bukan cemburu kan. Jelas motivasi hati Bapa adalah kasih yang sempurna. Ia begitu sangat bersemangat, antusias, begitu kuat keinginan-Nya untuk mengasihi kita. Bukan seperti manusia yang cemburu karena perasaan tidak aman, egoisme, tidak nyaman, iri hati, kelelahan, bosan, frustrasi, kesombongan dan ingin menyakiti orang lain yang menjadi saingannya.

Apakah Tuhan cemburu dengan iblis? Dengan apa atau siapa akan kita bandingkan Tuhan sehingga Ia bisa merasa cemburu? Bagaimana mungkin kita membandingkan Tuhan dengan iblis yang "notabene" bukan lawan-Nya. Tuhan Yahwe Elohim Adonai Yeshua Hamasiah Pencipta semesta alam dibanding dengan buatan-Nya? Jelas tidak sebanding dan tidak ada apa-apanya. Untuk apa Tuhan cemburu? Kalau Tuhan cemburu, untuk apa manusia diberikan kehendak bebas sehingga manusia bisa memilih untuk lebih mengasihi dunia ini dan menyembah iblis Bukankah kehendak bebas diberikan justru untuk kita secara "bebas" dapat memilih mengasihi Dia? Bukan karena terkekang, merasa ketakutan akan cemburu dan murka-Nya.



next:   Qanna or Zeal and Ardour.  >>







  ARTICLE CONTENT:
1. Melihat film Passion of The     Christ.
2. Tuhan yang Cemburu atau roh     cemburu?
3. Cemburu.
4. Tuhan yang Penuh Hasrat Belas     Kasih.
5. Qanna or Zeal and Ardour.
6. Renungkan dan doakanlah.

      

  BULLETINS


 
Home | Articles & Readings | News & Events | Teachings | Q&A | Prophetic Mission
Mission In Picture | Prayer | Worship |Bulletins |Resources | About Us | Contact Us
Copyrights 2008 Cherubims Prophetic Ministry. All Rights Reserved.