Perenggangan Batu Di Tembok Selatan.
PERENGGANGAN BATU DI TEMBOK SELATAN DARI BUKIT BAIT TUHAN MELEBAR

Para ahli arkelogi mengatakan bahwa Tembok selatan akan segera runtuh bersama-sama dengan mesjid Al Aqsa.
Aktivis "The Temple Mount Faithfull" menyerukan kepada Perdana Menteri: Biarkan itu roboh! Itu adalah perbuatan tangan Tuhan!

Tanggal 27 Agustus 2002, para arkeolog Israel (dibawah Israeli Antiquities Authority) memperingatkan bahwa Tembok Selatan Bukit Bait Tuhan berada dalam kondisi bahaya karena kemungkinan akan roboh. Mereka telah menghitung adanya pergeseran yang cukup besar di salah satu bagian tembok selatan. Tahun 2001 perenggangan mencapai lebar 70 cm sepanjang 30 meter. Di tahun 2002 perenggangannya sudah mencapai lebih dari 1 meter (melebar sekitar 30 cm). Perenggangan ini pertamakali diketahui pada tahun 2001 yang lalu pada saat para aktivis "The Temple Mount Faithfull" berusaha membawa "batu penjuru" (seberat 3 ton) sebagai batu fondasi pembangunan Bait Suci ketiga, dan meletakkannya di area depan Tembok Selatan dari Bukit Bait Tuhan.

Para arkeolog tersebut juga memprediksikan bahwa jika Tembok Selatan tersebut roboh maka mesjid Al Aqsa kemungkinan akan roboh juga bersamanya. Di tambahkan lagi, keberadaan illegal dari dua mesjid tersebut (Al Aqsa & Dome Of The Rock) diperhitungkan akan roboh seluruhnya. Mereka membangun Al Aqsa ketika mereka mengubah Pintu Gerbang "Hulda" (pintu masuk ke Bait Suci) yang disebut tempat kuda Raja Salomo (Solomon's Stables), dan menjadikannya mesjid terbesar di Timur Tengah pada tahun 690 M. Sedangkan keberadaan kedua tempat suci Yahudi (pintu gerbang Hulda dan Bait Suci), bersama dengan tembok selatan, dibangun oleh Raja Israel: Herodes, dan selesai pada tahun 10 sM. Semua situs tersebut merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan Bait Suci Yahudi.

Di Tembok Selatan terdapat "double gate" dan "triple gate yang dikenal sebagai Pintu Gerbang Hulda sesuai dengan nama seorang nabi Israel, Hulda, yang menyediakan pintu gerbang ini sebagai jalan masuk bagi jutaan peziarah Yahudi di zaman Bait Suci Kedua. Terowongan Hulda dan tempat kuda Raja Salomo (yang sebenarnya bukan tempat kuda di zaman Raja Salomo; nama itu baru disebut demikian oleh tentara salib sekitar 900 M) mengingatkan ketepatan waktu ketika mereka berada di zaman Bait Suci Kedua sampai ketika orang Arab mendirikan ornament-ornamen indah dan pilar-pilar serta pendudukan illegal di bekas Bait Suci dengan mendirikan mesjid (Al Aqsa dan Dome Of The Rock).


Gambar:
Bukit Bait Tuhan dan Tembok Selatan. Tanda panah kanan menunjukkan lokasi terjadinya perenggangan di Tembok Selatan diantara Double Gate dan Triple Gate pintu gerbang Hulda. Insert juga menunjukkan pembesaran perenggangan tersebut. Tanda panah yang ditengah menunjukkan mesjid Dome Of The Rock yang merupakan lokasi dari Bait Suci Pertama, Kedua, dan Ketiga (segera). Tanda panah sebelah kiri menunjukkan Plaza Tembok Barat (The Wailing Wall).


Para arkeolog dipanggil oleh otoritas pemerintah Israel untuk memperbaiki Tembok Selatan. Bagaimanapun, arkeolog Eliat Mazar menyatakan tidak ada upaya apapun yang dapat menghentikan proses robohnya Tembok Selatan yang akan terjadi di tahun-tahun mendatang. Ia juga menyatakan bahwa para arkeolog juga tidak mengetahui apa penyebab terjadinya perenggangan tersebut. Pihak Arab yang memegang otoritas ibadah di mesjid Al Aqsa dan Dome Of The Rock menolak semua usaha otoritas Israel untuk mencoba memperbaiki tembok Selatan tersebut.

Tanggal 29 Agustus 2002 aktivis kelompok "The Temple Mount and Land of Israel Faithful Movement" mengirimkan surat terbuka kepada Perdana Menteri Ariel Sharon. Dalam surat tersebut, Gershon Salomon, selaku pemimpin gerakan tersebut, menyatakan bahwa penyebab kerenggangan dan situasi "bahaya" robohnya Tembok Selatan adalah perbuatan tangan Tuhan Israel. Gershon menulis dalam suratnya bahwa perenggangan dan kemungkinan robohnya Tembok Selatan bukan suatu kebetulan tetapi merupakan gerakan Elohim Israel untuk merobohkan semua elohim asing, yaitu dewa-dewa pagan Arab yang menghadirkan diri secara illegal di atas Bukit Bait Tuhan, yang adalah tempat Maha Kudus Bait Suci.
Ini adalah penggenapan dari nubuat-nubuat para nabi Israel tentang pembebasan Bukit Bait Tuhan, Israel, dan seluruh dunia. Adalah sangat menyedihkan ketika menyaksikan semua orang yang melihat perenggangan Tembok Selatan ternyata buta dan tidak mengerti fakta-fakta profetik Elohim tersebut. Gershon menyerukan kepada otoritas pemerintahan Israel dan para arkeolog untuk tidak ikut campur dalam aktivitas Tuhan dan menghentikan semua aktivitas untuk memperbaiki Tembok Selatan.

Peristiwa Elohim ini merupakan awal dari robohnya tembok-tembok kekerasan dan kebencian atas umat Tuhan dan kehadiran Arab Islam sebagai musuh Tuhan dan rakyat Israel di tempat kudus Tuhan dan bangsa Israel. Elohim Israel telah menggerakkan sejarah akhir zaman Israel dan seluruh dunia untuk penyucian gunung kudus-Nya dari bangsa asing dengan bangunan-bangunan dan kenajisannya, untuk selanjutnya membangun kembali Bait Suci.

Ini adalah juga awal dari penghakiman Tuhan atas musuh asing di Bukit Bait Tuhan yang menajiskan, merusakkan bekas-bekas keberadaan Bait Suci Pertama dan Kedua, membangun mesjid diatas tempat kudus Tuhan, dan tetap melakukan aktivitas mereka yang mengubah bukit Bait Tuhan menjadi situs Islam dengan cara meniadakan bekas-bekas keberadaan Bait Suci Yahudi. Beraninya mereka mengacungkan tangan melawan Elohim Israel dan bangsa Israel. Mereka akan kecele jika berpikir bahwa mereka dapat mengingkari dan tidak perduli eksistensi Bait Suci di lokasi Bukit Bait Suci. Peristiwa ini akan menjadi awal sejarah akhir zaman, langkah menuju pembebasan Bukit Bait Tuhan, pembebasan Israel dan dunia.

Elohim Israel akan memperlihatkan kepada mereka bahwa tidak ada seorangpun dapat mengacungkan tangannya melawan Dia. Begitu banyak musuh Israel yang menduduki Bukit Bait Tuhan dan Yerusalem sejak dihancurkannya Bait Suci Kedua pada tahun 70 M, yang dilenyapkan Tuhan dari panggung sejarah seperti debu dalam angin di bawah penghakiman Elohim. Peristiwa ini, dan mungkin peristiwa yang lebih buruk, telah ditakdirkan atas musuh Elohim dan bangsa Israel di atas Bukit Bait Tuhan bahkan diseluruh tanah Israel. Gershon menyerukan kepada Ariel Sharon untuk tidak mengesampingkan kesempatan dimana Tuhan dan sejarah memberikan kepadanya kesempatan besar dan kritis di dalam sejarah Israel, tetapi bekerjasamalah dengan Tuhan untuk memindahkan musuh-Nya dari gunung kudus-Nya dan untuk segera mulai membangun Bait Suci ketiga.

Gershon mengingatkan Perdana Menteri Sharon tentang perbuatan tangan Tuhan pada Tembok Selatan dari Bukit Bait Suci di bulan Tisha b'av tahun 2001 ketika ribuan aktivis "The Temple Mount Faithful Movement" membawa "batu penjuru" ke area depan dari Tembok Selatan dan gerbang bersejarah, dan bagaimana perenggangan Tembok Selatan segera terjadi sesudahnya. Itu adalah pesan yang jelas dari Tuhan bahwa pintu gerbang dan tembok itu harus segera di buka untuk masuknya "batu penjuru" dan mulai membangun Bait Suci. Tepat sebagaimana Firman-Nya menyatakan dalam Kitab Mazmur: "the stone which the builders rejected became the head of the corner".

Melalui "batu penjuru" ini Tuhan menyebabkan gempa bumi politik dan spiritual di Israel, Timur Tengah, dan diseluruh dunia. Di banyak negara Arab miniatur/model Bait Suci Ketiga di bakar dan sekali lagi melalui perbuatan-perbuatan seperti itu mereka menajiskan nama Elohim Israel. Bukan kebetulan Tuhan merenggangkan Tembok Selatan dan membuka kemungkinan robohnya Tembok Selatan dari Bukit Bait Tuhan. Ini adalah pintu masuk utama bagi para peziarah di zaman bait Suci Pertama dan Kedua. Tuhan berkehendak untuk membuka tembok ini dan gerbang-gerbangnya bagi jutaan peziarah pada masa Bait Suci Ketiga mendatang.

Hari Sabtu, 24 Agustus 2002, gerakan Islam anti Israel mengerahkan 45 ribu orang anggotanya ke Bukit Bait Tuhan dan mengadakan demonstrasi melawan Tuhan dan bangsa Israel. "The Temple Mount Faithful Movement" kemudian mengirimkan pernyataan protes kepada otoritas pemerintahan Israel dan bertanya kepada mereka mengapa mereka tidak melakukan tindakan preventif atas demontrasi yang menajiskan tempat kudus Elohim Israel.

Selama berdemonstrasi mereka menggerakkan dunia Arab melawan kedaulatan Israel di Bukit Bait Tuhan dan di Yerusalem dan di tanah Israel. Mereka menyatakan bahwa tanah Israel adalah Palestina dan tidak ada tempat bagi orang Yahudi di Bukit Bait Tuhan atau di Yerusalem dan diseluruh tanah Israel. Mereka menolak bahwa Bukit Bait Tuhan adalah lokasi dari Bait Suci Pertama dan Kedua dimana Bukit tersebut saat itu merupakan keberadaan hati dan jiwa Tuhan dan bangsa Israel. Itu adalah penyangkalan yang mengerikan yang dilakukan oleh para pengikut Yasser Arafat, musuh Tuhan dan bangsa Israel, di Bukit Bait Tuhan, melawan Tuhan dan perjanjian abadi atas umat-Nya dimana Ia menyatakannya kepada Abraham dan Israel ketika Ia memberikan tanah Israel hanya kepada bangsa Israel dan memberikan mereka Bukit Bait Tuhan dan Yerusalem dimana mereka membangun Rumah-Nya. Mereka membuat kebohongan yang besar dan kasar melawan sejarah hubungan yang panjang antara Tuhan, Israel dan Tanah Suci; fakta yang begitu hidup yang membuktikan perjalanan sejarah selama ribuan tahun dari bangsa Israel yang hidup di tanah ini sejak zaman Abraham dan Raja Daud kemudian membangun tanah itu bersama Tuhan.

Reaksi Tuhan datang segera. Pada hari berikutnya para arkeolog menemukan bahwa perenggangan Tembok Selatan telah mencapai 1 meter. Ini sekali lagi merupakan tanda dari pekerjaan tangan Tuhan dan awal penghakiman-Nya.
Dalam suratnya kepada Perdana Menteri, Gershon menyatakan bahwa kita sekarang sedang berdiri di ambang pintu dari peristiwa sejarah, profetik, dan gerakan Tuhan kepada pembebasan Bukit Bait Tuhan, bangsa dan tanah Israel, dan seluruh dunia. Kita sekarang menjadi saksi-saksi kematian akhir yang kejam terhadap bangsa asing dan pendudukan para perusak di Bukit Bait Tuhan, Yerusalem, dan di tanah Israel. Kehendak Tuhan untuk tidak membiarkan lebih lama lagi penderitaan yang berkepanjangan dan penajisan yang terus berlangsung di gunung kudus-Nya. Kalau pemerintah Israel tidak mau segera menghentikan pendudukan musuh seperti yang Tuhan harapkan, maka Tuhan sendiri yang akan segera menghentikannya dan Ia telah memulainya. Perenggangan di Tembok Selatan adalah awal dari tindakan nyata Tuhan. Bangsa Israel dan dunia tidak bisa dan tidak akan bisa melarikan diri dari Bukit Bait Tuhan dan dari kuasa Tuhan atas bangsa Israel untuk segera membangun Bait-Nya. Bukit Bait Tuhan dan Bait Suci akan mengejar mereka dan Bait-Nya akan segera dibangun entah mereka mau atau tidak mau. Inilah waktunya keputusan dibuat oleh Elohim Israel.

Keruntuhan keamanan, ekonomi, komunitas, moralitas, kekejaman serangan terror, pertumpahan darah di jalan-jalan, dan ketidak-stabilan politik dan sosial diseluruh dunia adalah akibat dari penyelesaian yang tidak kenal malu yang dibuat manusia atas Bukit Bait Tuhan dan atas seruan Tuhan untuk segera membangun kembali Bait-Nya, yang akan segera membuka era ketuhanan yang baru: moralitas Elohim di dalam kehidupan seluruh dunia. Gershon menyerukan rakyat Israel dan para pemimpinnya untuk meresponi seruan Elohim mereka, Elohim Abraham, Ishak dan Yakub, untuk mengambil bagian bersama-Nya dalam gerakan profetik Elohim di akhir zaman, untuk segera menyucikan gunung Tuhan yang kudus dan untuk segera membangun kembali Rumah-Nya di lokasinya, dimana Rumah-Nya akan menjadi "menara terang besar" bagi Israel dan semua bangsa, dan "rumah cinta dan penyembahan" untuk umat-Nya dan seluruh dunia. Kami berseru-seru untuk kebangunan setiap orang untuk gerakan profetik besar dan peristiwa Elohim di akhir zaman di Israel dan diseluruh dunia. Biarkan kami tidak menyia-nyiakan kesempatan besar Tuhan dimana Ia mengistimewakan kami untuk hidup di dalam masa-masa yang paling kritis dan sekaligus paling menarik di dalam sejarah Israel dan seluruh dunia.

Setiap orang di Israel dan diseluruh dunia terpanggil untuk berdoa lebih keras sesuai dengan Firman Elohim kepada nabi-Nya, Yesaya, yang telah mulai menjadi kenyataan dan segera akan digenapi sempurna atas wilayah Bukit Bait Tuhan:

"Ya YAHWEH, Engkaulah Elohim-ku; aku mau meninggikan Engkau, mau menyanyikan syukur bagi nama-Mu; sebab dengan kesetiaan yang teguh Engkau telah melaksanakan rancangan-Mu yang ajaib yang telah ada sejak dahulu. Sebab Engkau telah membuat kota itu menjadi timbunan batu, dan kota yang berkubu itu menjadi reruntuhan; puri orang luar tidak lagi menjadi kota, dan tidak dibangunkan lagi untuk selama-lamanya. Oleh karena itu suatu bangsa yang kuat akan memuliakan Engkau; kota bangsa-bangsa yang gagah akan takut kepada-Mu. Sebab Engkau menjadi tempat pengungsian bagi orang lemah, tempat pengungsian bagi orang miskin dalam kesesakannya, perlindungan terhadap angin ribut, naungan terhadap panas terik, sebab amarah orang-orang yang gagah sombong itu seperti angin ribut di musim dingin, seperti panas terik di tempat kering. Kegaduhan orang-orang luar Kaudiamkan; seperti panas terik ditiadakan oleh naungan awan, demikianlah nyanyian orang-orang yang gagah sombong ditiadakan. YAHWEH semesta alam akan menyediakan di gunung Sion ini bagi segala bangsa-bangsa suatu perjamuan dengan masakan yang bergemuk, suatu perjamuan dengan anggur yang tua benar, masakan yang bergemuk dan bersumsum, anggur yang tua yang disaring endapannya. Dan di atas gunung ini YAHWEH akan mengoyakkan kain perkabungan yang diselubungkan kepada segala suku bangsa dan tudung yang ditudungkan kepada segala bangsa-bangsa. Ia akan meniadakan maut untuk seterusnya; dan Tuhan Elohim akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab YAHWEH telah mengatakannya. Pada waktu itu orang akan berkata: "Sesungguhnya, inilah Elohim kita, yang kita nanti-nantikan, supaya kita diselamatkan. Inilah YAHWEH yang kita nanti-nantikan; marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita oleh karena keselamatan yang diadakan-Nya!" Sebab tangan YAHWEH akan melindungi gunung ini, tetapi Moab akan diinjak-injak di tempatnya sendiri, sebagai jerami diinjak-injak dalam lobang kotoran. Apabila Moab mengembangkan tangannya di dalamnya seperti cara perenang mengembangkannya untuk berenang, maka YAHWEH akan mematahkan kecongkakkan mereka dengan segala daya upaya mereka. Maka kubu-kubu tembokmu yang tinggi akan ditumbangkan-Nya dan dirubuhkan-Nya, dan dicampakkan-Nya ke tanah dan debu" (Yesaya 25).

(rp/berbagai sumber)

Note: September 2003 kembali terjadi pergeseran, keretakkan bahkan pengelupasan yang serius di dua lokasi tembok Bukit Bait Tuhan, kali ini terjadi di Tembok Barat. Nantikan pembahasanannya di situs ini.

Anda dapat bergabung dalam forum diskusi artikel:
"Perenggangan Batu Di Tembok Selatan."
http://forum.cherubimsonline.com/viewtopic.php?t=6.

CherubimsOnline.com 2008