MAIN MENU
  HOME
  Articles
   israel
   general
  News & Info
  Teachings
  Questions & Answers
  Prophetic Mission
  Mission in Pictures
  Prayer Statement
  Book of Worship
  Bulletins
  About CPM
  Contact CPM
  HOME ARTICLES ISRAEL SODOM & GOMORAH

Informasi tersebut membawa Dr. Ralph E Baney dari Kansas City, Missouri, untuk memimpin ekspedisi penyelaman selama tiga bulan di area tersebut, yang berakhir pada 28 April 1960. Baney, yang adalah Direktur Pelaksana pada Christian Approach Mission, kemudian mengklaim bahwa ia telah menemukan dua buah reruntuhan kota diujung selatan Laut Mati. Kota itu diidentifikasikannya sebagai Sodom dan Gomorah. Ia mengatakan bahwa ia juga telah melihat jembatan, tanggul, jalan, dan berbagai temuan kecil. Pernyataan Baney tersebut segera mengundang reaksi baik dari para pakar ilmu pengetahuan maupun dari mereka yang skeptik. Setelah mengadakan penelitian yang rinci dan cermat terhadap hasil yang ditemukan Baney itu, Departemen Kepurbakalaan Yordania kemudian mengeluarkan statement yang mengatakan bahwa Baney telah gagal mencari bukti-bukti yang dikehendakinya.

Departemen tersebut mengatakan bahwa jembatan yang ditemukan adalah jembatan yang dibangun oleh American Point Four Program, dan jalan yang ditemukannya adalah jalan yang dibangun oleh Palestine Potosh Company, keduanya dibangun sekitar tahun 1940-an dan kemudian dihancurkan atau ditenggelamkan oleh tentara Israel pada perang Palestina (Perang kemerdekaan Israel) tahun 1948.

Selanjutnya bahwa foto-foto dan bukti-bukti yang dibuat Baney dalam ekspedisinya tidak dapat diakui sebagai bukti keberadaan kota-kota yang tenggelam seperti diceriterakan di dalam itab Suci (Find in Dead Sea Linked to Sodom, The New York Times 29 April 1960; Did Not Find Sodom and Gomorrah, The Muskegon Michigan Chronicle, 11 Mei 1960). Kesimpulan akhirnya, seluruh hasil ekspedisi Baney ditolak. Penelitian mengenai Sodom dan Gomorah dibuka kembali setelah dalam perkembangan selanjutnya para peneliti telah melihat kembali Bab edh-Dhra dari sudut pandang yang lain.

Pada tahun 1965 sampai 1967 Paul W Lapp mengadakan penggalian-penggalian di Bab edh-Dhra, yang dilakukannya selama tiga musim untuk kepentingan American School of Oriental Research. Dalam penggalian tersebut ia menemukan sebuah kota kecil berukuran sekitar 4,5 hektar yang diyakininya masih tetap dihuni sampai pada abad ke-23 sM. Kota tersebut diduga cukup penting karena kuburan kota tersebut memuat sekitar 500.000 mayat (Encyclopedia of Archaeological Excavations in Holy Land).

Tentu saja mereka yang dikubur disitu bukan berasal dari kota kecil tersebut. Sebagian orang menyimpulkan bahwa Bab edh-Dhra telah hancur bersama Sodom, sehingga mereka menetapkan bahwa kota itu berasal dari zaman para leluhur, sekitar tahun 2300 sM. Namun kesimpulan tersebut disanggah karena pada masa-masa akhir kota tersebut tidak ditemukan ciri-ciri adanya bencana seperti yang diceriterakan dalam Kejadian 18 dan 19, dan akhir penggunaan kuburan tersebut diatas terjadi sesudah pemusnahan Sodom dan Gomorah. Bila sanggahan itu benar, maka berhentinya kuburan itu digunakan adalah kira-kira sama dengan masa hidup Abraham menurut teks Ibrani, dan dengan demikian dapat diketahui bahwa penghancuran kota-kota tersebut adalah sekitar tahun 2075 sM. Pada tahun 1973, Walter E Rast dan R Thomas Schaub mulai mengadakan eksplorasi besar-besaran dibagian selatan dan timur wilayah Ghor yang bergunung-gunung, lalu dilanjutkan dengan Bab edh-Dhra serta beberapa bekas reruntuhan kota lainnya disekitar Laut Mati. Dalam eksplorasi yang memakan waktu kurang lebih 5 tahun itu Rash dan Schaub menemukan tambahan empat kota kuno lagi disepanjang sisi timur Ghor, dan mereka menyimpulkan bahwa kota-kota tersebut terakhir dihuni pada sekitar tahun 2500 sM, dan setidak-tidaknya tiga dari kota-kota tersebut telah hancur, kemungkinan karena gempa bumi atau karena sebab-sebab lain, dan dibuktikan juga kota-kota tersebut hangus terbakar karena api (Preliminary Report of the 1979 Expedition to the Dead Sea Plain; Bulletin of America School of Oriental Research).



next:   Lempengan Ebla. >>







  ARTICLE CONTENT:
1. Lokasi Sodom & Gomorah.
2. Lokasi Sodom & Gomorah Cont.
3. Lempengan Ebla.
4. Apa Yang Terjadi?
5. Bau Busuk Sodom & Gomorah.

      

  ISRAEL ARTICLE
1. Tembok Ratapan     The Wailing     Wall
2. Symbol Iblis Di Yerusalem:     Gedung Mahkamah Agung     Israel
3. Heart of Israel
4. Pandangan Umum 1: Israel     Sebagai Tanda Akhir Zaman
5. Dataran Tinggi Golan (The     Golan Heights)
  GENERAL ARTICLE
1. PERDUKUNAN : Astrologi, Sihir      & Paranormal
2. Obelisk
3. SYMBOL & LOGO SETAN: Bisnis     Lucifer.
4. KLONING: Proyek Ambisius.
5. MONDEX: MONETARY DEXTER     (Global Cashless Society)
  BULLETINS


 
Home | Articles & Readings | News & Events | Teachings | Q&A | Prophetic Mission
Mission In Picture | Prayer | Worship |Bulletins |Resources | About Us | Contact Us
Copyrights 2008 Cherubims Prophetic Ministry. All Rights Reserved.