MAIN MENU
  HOME
  Articles
   israel
   general
  News & Info
  Teachings
  Questions & Answers
  Prophetic Mission
  Mission in Pictures
  Prayer Statement
  Book of Worship
  Bulletins
  About CPM
  Contact CPM
  HOME ARTICLES ISRAEL SODOM & GOMORAH

LEMPENGAN EBLA
Pada masa Rash dan Schaub mengadakan penggalian-penggalian mereka, dikalangan arkeolog muncul kejutan-kejutan baru. Suatu ekpedisi dari Universitas Roma di bawah pimpinan Paolo Matthiae yang melakukan penggalian di Ebla (Tell Mardikh), sekitar 45 km di utara Aleppo, sejak tahun 1964, dan mereka berhasil menemukan lempengan- lempengan tanah liat yang mencapai jumlah 20.000 buah yang berasal dari periode yang "sangat awal" di area seluas 56,5 hektar. Tulisan-tulisan dilempengan tersebut menggunakan huruf-huruf kuno bahasa Ebla. Bahasa Ebla termasuk rumpun bahasa Semit dan memiliki banyak kesamaan dengan bahasa Ibrani yang digunakan dalam Perjanjian Lama. Sekitar 80% teks-teks itu berbicara soal ekonomi (transaksi perdagangan), dan sisanya mencakup bidang bahasa, literatur, sejarah dan hukum. Seorang ahli tulisan kuno, Profesor Giovanni Pettinato membuat beberapa pernyataan yang menunjukkan adanya kaitan lempengan-lempengan Ebla tersebut dengan Kitab Suci. Mulai dari kisah tentang penciptaan sampai kepada kisah tentang kota-kota di tanah Palestina, termasuk Sodom dan Gomorah. Statement tersebut menimbulkan sensasi yang sangat besar dikalangan Arkeolog khususnya. Menurut catatan penggalian, tanggal 29 Oktober 1976 ditemukan lempengan yang memuat nama Sodom dan Gomorah yang ditulis sekitar tahun 2350 sM. Sebagian orang kemudian menempatkan peristiwa dalam Kejadian 18,19 juga sekitar tahun itu. Nama Sodom dan Gomorah secara faktual telah terbukti ditulis lebih dari 43 abad yang lalu. Tetapi dalam pembuktian lebih lanjut ada beberapa hal yang merupakan sanggahan menarik dari penemuan lempengan Ebla tersebut:

Pertama, lempengan yang memuat nama Sodom dan Gomorah itu sama sekali tidak berbicara mengenai penghancuran kedua kota tersebut. Yang tercantum disana hanya masalah transaksi dagang antar penduduk atau dengan pihak luar. Tetapi bagaimanapun lempengan tersebut sudah memberikan konfirmasi tentang kebenaran dari keberadaan kota Sodom dan Gomorah seperti yang diinformasikan Kitab Suci. Kedua, lempengan tersebut tidak memberikan petunjuk tentang kehancuran kota-kota disepanjang Ghor timur mempunyai kaitan dengan kehancuran kota-kota di tanah datar lembah Yordan seperti yang diceritakan Kitab Suci. Sudah diketahui bahwa hancurnya kota-kota di Ghor terjadi 300 tahun sebelum waktu yang ditunjukkan teks Ibrani tentang hancurnya Sodom dan Gomorah (kurang lebih tahun 2075 sM). Bisa saja kehancuran kota-kota di Ghor itu akibat dari pertempuran-pertempuran yang terjadi ratusan tahun sebelum Abraham atau karena sebab-sebab lainnya.

Ketiga, lempengan tersebut menunjukkan adanya kota-kota kuno lain disisi barat Ghor yang belum digali. Ini masih dipertanyakan. Keempat, kelima kota yang diselidiki Rast dan Schaub belumlah secara positif diidentifikasikan sebagai kota-kota yang disebutkan Kitab Suci. Kelima, adanya sumur-sumur aspal didaerah itu belumlah dapat menjadi alasan untuk mengatakan daerah identik dengan daerah gersang dan tandus. Kitab Kejadian justru menunjukkan bahwa sejak awal Lot telah tertarik oleh kemakmuran dan kesuburan daerah tersebut, yang merupakan daerah sungai Yordan yang hijau dan subur.

Keenam, fakta tentang adanya raja-raja yang terperosok kedalam sumur-sumur aspal disana juga belum dapat menjadi petunjuk bahwa mereka kurang mengenal daerah itu. Bisa saja musuh-musuh mereka yang menjerumuskan atau membuang mereka ke dalam sumur aspal sebagai jenis hukuman masa itu. Ketujuh, sebagai kesimpulan, haruslah dikatakan bahwa lempengan-lempengan Ebla tidaklah memuat tentang riwayat Sodom dan Gomorah secara lengkap, dan penafsiran yang semula disimpulkan harus dianggap keliru karena lemahnya pembuktian.

Bagaimanapun juga pertanyaan tentang lokasi kelima kota yang disebutkan dalam Kejadian 18 dan 19 itu haruslah tetap dibiarkan terbuka, artinya lokasi Sodom dan Gomorah terletak di bagian selatan Laut Mati. Walaupun bukti fisiknya masih simpang siur, tetapi sampai kini belum ada bukti yang dapat membuktikan lokasi Sodom dan Gomorah berada ditempat lain.

Disisi lain, para peneliti masih mengalami kesulitan dalam mengadakan analisa terhadap pentarikhan, karena dalam hal ini hasil yang dicapai, yaitu antara pentarikhan dengan metode umur keramik dan pentarikhan dengan metode karbon-14 masih berpaut jauh (sekitar 150 tahun). Namun secara umum para ahli setuju bahwa lokasi kelima kota itu terdapat disekitar Laut Mati bagian selatan, di suatu bagian yang telah tenggelam air.



next:   Apa Yang Terjadi?. >>







  ARTICLE CONTENT:
1. Lokasi Sodom & Gomorah.
2. Lokasi Sodom & Gomorah Cont.
3. Lempengan Ebla.
4. Apa Yang Terjadi?
5. Bau Busuk Sodom & Gomorah.

      

  ISRAEL ARTICLE
1. Tembok Ratapan     The Wailing     Wall
2. Symbol Iblis Di Yerusalem:     Gedung Mahkamah Agung     Israel
3. Heart of Israel
4. Pandangan Umum 1: Israel     Sebagai Tanda Akhir Zaman
5. Dataran Tinggi Golan (The     Golan Heights)
  GENERAL ARTICLE
1. PERDUKUNAN : Astrologi, Sihir      & Paranormal
2. Obelisk
3. SYMBOL & LOGO SETAN: Bisnis     Lucifer.
4. KLONING: Proyek Ambisius.
5. MONDEX: MONETARY DEXTER     (Global Cashless Society)
  BULLETINS


 
Home | Articles & Readings | News & Events | Teachings | Q&A | Prophetic Mission
Mission In Picture | Prayer | Worship |Bulletins |Resources | About Us | Contact Us
Copyrights 2008 Cherubims Prophetic Ministry. All Rights Reserved.