MAIN MENU
  HOME
  Articles
   israel
   general
  News & Info
  Teachings
  Questions & Answers
  Prophetic Mission
  Mission in Pictures
  Prayer Statement
  Book of Worship
  Bulletins
  About CPM
  Contact CPM
  HOME ARTICLES ISRAEL Tembok Ratapan ; The Wailing Wall


TRADISI YAHUDI dan TEMBOK BARAT
Sejak tahun 132 sM (saat gagalnya pemberontakan Bar Kokhba), para pendoa Israel baik yang tinggal di tanah Israel maupun di pembuangan (diaspora ke bangsa-bangsa), selalu mengarahkan pandangannya kepada lokasi Bait Suci yang telah dirobohkan. Bait Suci itu sendiri, seperti semua struktur bangunan di Temple Mount, selalu menjadi pusat perhatian bangsa Yahudi dari generasi ke generasi. Sumber Yahudi, Midrashic, selalu berbicara tentang Tembok Barat dalam hubungannya dengan Ruang Maha Kudus dimana "kehadiran Yahweh" tidak pernah berpindah. Sejak Bait Suci dirobohkan, mereka percaya bahwa kehadiran yang Elohim tersebut telah menyatu dengan Tembok Barat.

Sumber-sumber Yahudi pada abad 16 banyak mencatat tentang lokasi bekas Bait Suci tetapi tidak pernah menyebut secara spesifik mengenai Tembok Barat. Meskipin demikian, gulungan kitab Ahimaaz dari abad ke-11 menuliskan adanya sinagog disisi Tembok barat, dan seorang bernama Benyamin dari Tudela (hidup di abad-12) menyebutkan Tembok Barat bersama dengan Mercy Gate atau Golden Gate (yang ada di bagian Tembok Timur The Temple Mount).

Keberadaan tembok Barat menjadi sesuatu yang "permanent" dalam jiwa tradisi kehidupan bangsa Yahudi dimulai sejak tahun 1520, diketahui berdasarkan data-data yang ditulis oleh para imigran Yahudi yang pulang ke Israel dari Spanyol segera setelah penaklukkan Turkey tahun 1518. Sejak saat itu semua yang sumber literature Yahudi mendiskripsikan Tembok Barat sebagai pusat doa bagi bangsa Yahudi. Menurut suatu tradisi yang dinyatakan oleh Moses Hafiz, ketika Sultan Suleiman menaklukkan Yerusalem ia juga telah memerintahkan untuk memperbaiki tembok-tembok kota tua Yerusalem dan membersihkannya dari timbunan sampah yang telah menutupi tembok-tembok. Ia juga yang memberi izin kepada bangsa Yahudi untuk berdoa di Tembok Barat. Pada saat itu tidak ada satu buktipun yang menyatakan ketertarikan bangsa Arab atas Tembok Barat. Wilayah Arab yang disebut dengan Moghrabi Quarter berada tidak jauh dari situ, berdiri sejak 1320. Sejak awal bangsa Yahudi menaikkan doa-doa mereka di Tembok Barat dengan tidak terganggu oleh klaim-klaim lokasi dari pihak manapun. Dibelinya seluruh lokasi The Temple Mount oleh Raja Daud menjadi dasar kepemilikan yang kuat atas lokasi ini.



next:  3. Perjalanan Sejarah. >>







  ARTICLE CONTENT:
1. The Wall.
2. Tradisi Yahudi & Tembok Barat.
3. Perjalanan Sejarah.
4. Pendudukan Wilayah.

      

  ISRAEL ARTICLE
1. Tembok Ratapan     The Wailing     Wall
2. Symbol Iblis Di Yerusalem:     Gedung Mahkamah Agung     Israel
3. Heart of Israel
4. Pandangan Umum 1: Israel     Sebagai Tanda Akhir Zaman
5. Dataran Tinggi Golan (The     Golan Heights)
  GENERAL ARTICLE
1. PERDUKUNAN : Astrologi, Sihir      & Paranormal
2. Obelisk
3. SYMBOL & LOGO SETAN: Bisnis     Lucifer.
4. KLONING: Proyek Ambisius.
5. MONDEX: MONETARY DEXTER     (Global Cashless Society)
  BULLETINS


 
Home | Articles & Readings | News & Events | Teachings | Q&A | Prophetic Mission
Mission In Picture | Prayer | Worship |Bulletins |Resources | About Us | Contact Us
Copyrights İ 2008 Cherubims Prophetic Ministry. All Rights Reserved.