MAIN MENU
  HOME
  Articles
   israel
   general
  News & Info
  Teachings
  Questions & Answers
  Prophetic Mission
  Mission in Pictures
  Prayer Statement
  Book of Worship
  Bulletins
  About CPM
  Contact CPM
  HOME ARTICLES ISRAEL YERUSALEM, PUSAT BUMI?

KEGERAKAN YAHUDI
Kebangkitan pertama bangsa Yahudi tercatat pada tahun 1897 ketika Kongres Zionis pertama diadakan di Bassel, Swiss. Pemimpinnya adalah Theodore Herzl, dan targetnya adalah "menciptakan bagi bangsa Yahudi suatu rumah di Palestina yang dijamin oleh hukum". Kebangkitan kedua tercatat tahun 1917 ketika seorang Yahudi yang menjadi Menteri Luar Negeri Inggris, Arthur J. Balfour, mengeluarkan Deklarasi Balfour tanggal 2 November 1917. Deklarasi itu menyatakan persetujuan Inggris untuk menetapkan tempat tinggal bangsa Yahudi di Palestina. Deklarasi ini memberikan kesempatan kepada Zionisme untuk mempunyai hak tinggal di Palestina. Akibatnya terjadi pemulangan besar-besaran orang Yahudi dari diaspora-nya di berbagai bangsa di dunia, menuju Palestina. Hal itu memunculkan tekanan-tekanan politik dari negara-negara Arab dan menjadi sumber konflik yang terus menerus terutama sejak terbentuknya Liga Arab tahun 1945. Klimaksnya, pada 29 November 1947 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan usulan pembagian Tanah Palestina menjadi negara Yahudi (Israel) dan negara Arab (Palestina) dan menjadikan kota Yerusalem sebagai kota Internasional di bawah kekuasaan PBB. Dan Arab menolak usulan tersebut.

YERUSALEM DIBAGI DUA
Seketika setelah Inggris melepaskan pengawasannya atas Israel melalui Deklarasi Balfour dan pernyataan kemerdekaan Israel, pecahlah perang terbuka selama 25 tahun antara Israel dan Arab di Palestina. Kemenangan diraih bangsa Yahudi dengan merebut seluruh bagian kota Yerusalem tahun 1967-1973. Sebelumnya Yerusalem dibagi dua, bagian Barat dikuasai Israel dan bagian Timur (termasuk kota tua yang bertembok) dikuasai bersama oleh Yordania dan Syria sampai Israel menguasai seluruhnya. Terjadi gencatan senjata sejak saat itu.

Sejak 1973 Yerusalem dipersatukan dibawah pengawasan Israel dengan pemberian otonomi khusus kepada Palestina di beberapa "kantong" masyarakat Palestina, termasuk pemberian hak dan kuasa untuk menjalankan ibadah di mesjid Al-Aqsa dan mesjid Umar (Dome of The Rock) dibawah pengawasan Israel. Sementara bagian lain dari Bukit Bait Suci, yaitu Tembok Ratapan tertutup untuk aktivitas Moslem. Daerah Bukit Bait Suci ini kemudian tercatat sebagai daerah yang paling sensitif di dunia bahkan sampai hari ini. Sejarah mencatat bahwa sejak saat itu tidak ada satu kekuatanpun mampu merebut kembali milik pusaka bangsa Yahudi ini, bagi yang mencobanya, seperti ada tertulis, akan terluka parah.

"Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu yang menyebabkan segala bangsa disekeliling menjadi pening .. Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka parah" (Zakaria 12:2-3).



next:   Ibukota Dunia?. >>







  ARTICLE CONTENT:
1. Nama Yerusalem.
2. Mount Temple.
3. Zaman Bangsa-Bangsa
4. Negara Israel Merdeka.
5. Kegerakan Yahudi.
6. Yerusalem Di Bagi Dua.
7. Ibukota Dunia?
8. Yerusalem Titik Bumi.

     

  ISRAEL ARTICLE
1. Tembok Ratapan     The Wailing     Wall
2. Symbol Iblis Di Yerusalem:     Gedung Mahkamah Agung     Israel
3. Heart of Israel
4. Pandangan Umum 1: Israel     Sebagai Tanda Akhir Zaman
5. Dataran Tinggi Golan (The     Golan Heights)
  GENERAL ARTICLE
1. PERDUKUNAN : Astrologi, Sihir      & Paranormal
2. Obelisk
3. SYMBOL & LOGO SETAN: Bisnis     Lucifer.
4. KLONING: Proyek Ambisius.
5. MONDEX: MONETARY DEXTER     (Global Cashless Society)
  BULLETINS


 
Home | Articles & Readings | News & Events | Teachings | Q&A | Prophetic Mission
Mission In Picture | Prayer | Worship |Bulletins |Resources | About Us | Contact Us
Copyrights 2008 Cherubims Prophetic Ministry. All Rights Reserved.